Panduan Fitness Untuk Pemula Paling Mudah Dan Mudah

Fitnes yang akan kami bahas berikut ini adalah program fitnes yang diperuntutkan bagi pemula. Yaitu bagi orang orang yang jarang atau belum sama sekali ke tempat gym center. Jika dilihat secara keseluruhan, fitnes berbeda dengan olah raga biasa.

Iya Fitness memang sedikit berbeda dibandingkan dengan olahraga kebanyakan karena latihan fitness ini menggunakan berbagai macam alat untuk latihan otot-otot tertentu. Pada umunya orang hanya fokus untuk mencari sport center untuk fitness saja, padahal yang terpenting adalah latihan yang akan dijalaninya. Untuk itu diperlukan pengetahuan mengenai pusat kebugaran itu sendiri.

Menjalani Program Fitness Pemula

Bagi pendatang baru pada pusat kebugaran fitness ini tentusaja masih bingung apa yang harus dilakukan. Ada bebrapa hal yang harus diperhatikan untuk memulai fitness bagi pemula ini, diantaranya adalah sebagai berikut :
  • Program fitness harus memiliki alat latihan yang lengkap untuk semua otot tubuh sehingga perlu diperhatikan tentang alat tempat fitness yang menyediakannya. Latihan biasanya mencakup keseluruhan otot tubuh karena otot tubuh yang dilatih haruslah seimbang karena jika tidak seperti itu, penampilan yang dihasilkan akan terkesan aneh (tidak seimbang antara tubuh bagian atas dann bawah).
  • Latihan beban bertahap dikhususkan untuk membuat otot tidak kaget saat dilatih. Di mulai dari beban yang ringan kemudian naik menjadi lebih berat. Cara yang bertahap seperti ini dapat mengakibatkan cidera otot saat program fitnes pemula dijalankan.
  • Ketahui keadaan otot yang akan dilatih, jangan paksakan beban yang terlalu berat dalam satu kali latihan. Lakukan penambahan beban otot dilatihan fitness selanjutnya dan lihat perkembangannya.
  • Penambahan berat pada latihan program fitness bagi pemula ini harus diselingi dengan jeda beberapa menit agar otot tidak tegang.
  • Latihan beban juga harus diselingi dengan kardio untuk membakar lemak sehingga otot yang terbentuk penampilannya bagus.
  • Diet dalam menjalankan program fitness pemula ini memang sangat berat dilakukan saat awal latihan namun, seiring dengan berjalannya waktu akan terbiasa.

Latihan Awal Untuk Program Fitness

Penerapan program fitness ini memang bukan semata-mata untuk mengurangi berat badan dan juga pembentukan otot namun juga melihat aspek kesehatan yang diperoleh. Maka dari itu diperlukan latihan professional untuk dilakukan. Biasanya para trainner telah menyusunnya dalam latihan 3x dalam seminggu, seperti dalam beberapa tahapan berikut ini :

Hari Ke Pertama

a. Benchpress


b. Incline Press


c. Bicep Curl & Hammer Curl



Hari Ke Dua

a. Squat


b. Calves Raises


c. Sit Up

d. Leg raises





Hari Ke Tiga

a. Lat pull down

b. Bentover row



c. Side Lateral Raise



d. Barbell Shrug






Hal yang perlu diperhatikan dalam pertumbuhan otot :
  • Latihan (untuk merangsang pertumbuhan otot dan membentuk otot)
  • Nutrisi (untuk mencukupi segala kebutuhan tubuh dlm menumbuhkan otot)
  • Istirahat (untuk memberikan kesempatan kepada otot untuk recovery dan berkembang
Tiga hal itu satu sama lain saling melengkapi, salah satunya tidak ada yang boleh ditinggalkan. Jadi kalau otot dilatih tiap hari, maka akan menghambat pertumbuhan otot karena otot tidak diberi banyak waktu untuk istirahat dan berkembang, karena otot tidak tumbuh di saat kita sedang latihan, tapi otot tumbuh di saat otot itu sedang diistirahatkan setelah dilatih.

Sebaiknya masing-masing otot cukup dilatih satu kali dalam seminggu, atau paling tidak diberi jarak sampai stress pada otot tersebut sudah hilang dan sama sekali tidak terasa lagi.

Otot berkembang semakin besar saat tubuh beristirahat. Oleh sebab itu berilah kesempatan kepada otot yang telah dilatih untuk berkembang. Cukup melatih otot yang sama dua kali seminggu saja. Selebihnya bisa dipakai untuk melatih otot tubuh yang lainnya.

Contoh yang paling simple untuk schedule 6 x seminggu :
  • day 1 : Chest & Back ( Dada )
  • day 2 : Legs ( Kaki )
  • day 3 : Arms & Shoulders
  • day 4 – 6 ulangi lagi schedule nya. ( Bahu )
Setiap tujuan memiliki arah tersendiri untuk mencapainya. Dalam proses pembentukan tubuh ideal, tidak ada yang instan. Diperlukan kedisiplinan dan kesabaran yang tinggi. Untuk membantu proses pembentukan tubuh ideal, tersedia berbagai macam suplemen pendukung tetapi ada baiknya jangan terlalu tergantung dari suplemen. Nutrisi atau asupan makanan adalah hal yang lebih baik dibandingkan suplemen yang dijual di luar sana.

Awali mengangkat beban dari ringan terlebih dahulu (pemanasan), jika dirasakan sudah kuat dan bisa mengangkat beban yang lebih berat maka barulah ditambahkan agar tidak terjadi cedera ketika latihan.

Gerakan latihan bisa disesuaikan dengan ketersediaan alat di Gym atau rumah anda. Karena ada waktu dimana Gym penuh sehingga sulit menggunakan alat yang diinginkan (antri) jadi sebaiknya latihan dengan alat yang ada saja. Tetapi jika anda sabar atau ingin bergabung (join) dengan member lain, silahkan saja karena itu lebih baik (sosialisasi).

Sesuaikan juga dengan ketersediaan waktu anda, jika tidak memungkinkan untuk latihan dengan durasi yang lama. Pilihlah 1 atau 2 jenis gerakan saja. Yang penting anda sudah menyempatkan diri untuk latihan (disiplin) karena terkadang ada waktu dimana sulit untuk melakukan latihan dengan durasi yang lama (mungkin ada urusan yang mendesak atau janji di waktu latihan).

Inti dari semua itu adalah kita harus melakukan fitness secara rutin dan jangan malas malasan. Selain itu juga harus mengimbanginya dengan memakan makanan yang bergizi. 

2 Responses to "Panduan Fitness Untuk Pemula Paling Mudah Dan Mudah"

  1. Klw bagi pemula,, bleh d acak2 latiah. N nya gan,, dlqm satu hari tu bleh gk main bahu,, atau kaki d aduk2 aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saran sih kalo bisa 1 hari 2 alat aja bro yang d pegang supaya tepat sasaran

      Hapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel