Panduan Fitness Untuk Orang Kurus Dengan Cepat Dan Sangat Mudah




Panduan Fitness | Lekukan otot otot yang indah sangat didambakan oleh kaum pria. Untuk orang yang memiliki postur badan yang kurus memiliki rasa pesimis untuk mendapatkan badan yang indah dan sixpack. Sehingga mayoritas orang kurus lebih malas melakukan fitness dibandingkan dengan orang yang memiliki postur badan gemuk.

Meski demikian, pria bertubuh kurus jangan keburu patah semangat gara-gara mereka takkan bisa memiliki otot dan postur yang besar. Menurut seorang pelatih kebugaran dan ahli nutrisi, Ben Greenfield, pria kurus justru memiliki keuntungan karena tubuhnya memiliki kadar lemak yang rendah secara alamiah. Ini adalah suatu kelebihan, mengingat otot mereka akan terlihat lebih menarik ketimbang otot orang yang bertubuh besar. 

Agar pria bertubuh kurus tampak lebih berisi dan berotot, berikut adalah tujuh saran yang disampaikan Ben berdasarkan pengalamannya :

Panduan Fitness Untuk Orang Kurus Dengan Cepat Dan Sangat Mudah

1. Lebih sering angkat beban

Untuk menumbuhkan otot, biasakan secara rutin satu minggu sekali latihan angkat beban. Namun, otot pada orang kurus memang lebih sulit muncul pada awalnya. Orang kurus membutuhkan 4 -6 kali latihan untuk membentuk otot. Anda bisa mendapatkan hasil lebih cepat jika mengangkat beban dua kali sehari. Namun, jika Anda melakukannya maka perlu waktu seharian untuk pemulihan. 

Untuk pria berpostur kurus, latihan angkat beban bisa menggunakan satu sesi/periode yang umum untuk melatih dada dan punggung pada hari pertama. Hari kedua dilanjutkan angkat beban yang melatih bisep dan trisep, kemudian kaki dan bagian tengah badan pada hari ketiga. Lalu, beristirahatkan satu hari kemudian lanjutkan pelatihan sesuai urutan tersebut.

2. Perlu partner

Kebanyakan orang bertubuh kurus tidak kuat mengangkat beban berat sehingga otot lama terbentuk. Oleh karena itu, mereka butuh pelatih pribadi atau teman berolahraga di gym yang akan membantu demi terbentuknya otot. Untuk berat beban, pilih yang lebih ringan dengan pengulangan lebih sering. Cara ini lebih efektif, daripada Anda memilih beban berat dan pengulangan lebih jarang.

3. Kombinasi latihan

Saran kombinasi latihan ini tidak boleh disalahartikan. Maksudnya adalah, Anda tetap berlatih latihan yang sama setiap minggu selama tiga sampai lima minggu. Tetapi, Anda sebaiknya menggunakan berbagai jenis strategi selama Anda berniat menumbuhkan otot-otot Anda. 

4. Makan daging

Daging adalah serat bagi otot yang kaya lemak, protein dan pembentuk hormon yang akan membantu menumbuhkan otot Anda lebih cepat. Anda juga harus mengonsumsi 500 - 1000 kalori ekstra setiap hari untuk meningkatkan metabolisme Anda. Volume makanan dan protein yang tinggi akan meningkatkan hormon testosteron. Selain daging sapi, rekomendasi makanan lainnya adalah telur dan makanan laut.

5. Konsumsi Asam Amino

Di kalangan binaraga dan penggemar latihan kekuatan otot, ada suplemen yang kerap dikonsumsi atau disebut “branched chain amino acids” (BCAAs). Suplemen ini berisi protein yang mudah diserap oleh otot saat lahihan. Suplemen ini murah, mudah didapatkan serta baik dikonsumsi tanpa menyebabkan efek samping pada perut baik sebelum, selama maupun sesudah latihan. Untuk membentuk otot, Anda bisa menngonsumsi suplemen ini 10 - 20 gram yang diminum sebelum latihan, kemudian diminum lagi setiap 60 - 90 menit selama latihan. 

6. Makan lebih sering

Seringnya berlatih akan membakar karbohidrat dalam tubuh Anda. Oleh karena itu, usahakan untuk makan sekitar 300 - 600 kalori yang mengandung karbohidrat dua sampai tiga jam sebelum latihan. Sumber karbohidrat bisa Anda temukan pada kentang, ubi jalar, outmeal, beras merah atau sumber lain yang sehat.
Jika Anda mengonsumsi makanan lain setelah selesai latihan, pastikan makan dalam jumlah kecil karena otot akan dengan cepat menyerap gula setelah Anda selesai berlatih. Khusus pria kurus, memang mereka harus banyak makan. Mereka wajib makan sebelum latihan serta sesudah berlatih sampai empat sampai lima makanan tambahan. Memang kelihatannya seperti banyak makan, tapi inilah yang diperlukan pria kurus untuk membentuk ototnya.

7. Suplemen 


Anda memang mendapatkan asupan nutrisi, vitamin, dan mineral dari makanan yang Anda makan. Tetapi, agar tubuh tetap bugar sembari Anda berlatih membentuk otot, maka Anda butuh suplemen. Konsumsi BCAAs mungkin sudah Anda lakukan, tapi ada suplemen lain yang efektif membantu pria kurus membentuk otot. Suplemen tersebut seperti Creatine, Carnitine, Citulline, dan Beta Alanine. Suplemen tidak dimaksudkan sebagai pengganti tenaga agar kuat atau lebih sering angkat beban. Tetapi, konsumsi suplemen dapat membantu meningkatkan target.

Suplemen Fitness Untuk Orang Kurus


Adakah suplemen fitness untuk orang kurus yang ingin mendapatkan bentuk tubuh ideal dan atletis? Sebelum membahas suplemen, sebetulnya perlu diketahui terlebih dahulu penyebab badan anda kurus. Apakah anda pasca sakit berkepanjangan, kurus karena bawaan, atau sebelumnya pernah gemuk namun karena suatu dan lain hal badan anda tergerogoti dan menjadi kurus.


Masing-masing orang memiliki kondisi tubuh yang berbeda, sehingga sulit untuk disetarakan penanganan-nya. Artinya, cara yang dipakai orang lain berhasil, belum tentu dipakai orang lainnya berhasil kembali.

Banyak pula orang yang sudah mencapai segala macam cara untuk menaikan berat badan. Mulai dari ngemil setiap saat, makan di malam hari, makan gorengan, dan segala macam yang katanya membuat gemuk namun tak kunjung juga mendapatkan kenaikan berat badan yang diinginkan. Kebanyakan, orang yang kurus dalam waktu lama memang karena dalam tubuhnya tidak bisa menyimpan lemak.

Bahanya, ketika anda terus menerus dengan pola makan yang tidak sehat dan berharap berat badan akan naik, yang terjadi justru lemak tersebut bisa mengendap di aliran darah. Sehingga kolesterol naik, dan dalam jangka panjang bisa mengakibatkan penyakit-penyakit berbahaya seperti stroke.

Namun, secara umum ada langkah yang paling tepat dan paling sehat untuk semua orang, yakni dengan latihan beban yang berat. Jika anda sering berolahraga seperti sepak bola, basket, badminton, atau lari, sebaiknya dikurangi. Kenapa olahraga seperti itu dikurangi?

Kita asumsikan anda sudah melakukan latihan beban yang berat. Kemudian anda konsumsi suplemen ataupun makanan. Seharusnya, makanan dan suplemen yang anda konsumsi berfungsi sebagai pendorong untuk memperbaiki otot-otot anda yang rusak karena latihan beban. Tetapi, ketika misalnya anda melakukan futsal, maka nutrisi tersebut akan terbuang kembali karena olahraga ataupun jenis kardio lain.

Mengapa latihan beban berat?

Latihan beban berat akan merusak otot, namun akan segera diperbaiki saat anda beristirahat serta didorong oleh suplemen maupun makanan yang anda konsumsi. Sehingga berat badan anda bertambah bukan karena timbunan lemak, melainkan karena otot anda semakin berat dan semakin kuat. Namun, jika anda merasa terlalu kurus, sebaiknya lakukan bulking terlebih dahulu.


Contoh Suplemen Penambah Berat Badan

Suplemen yang cocok untuk orang kurus adalah jenis “gainer”. Beberapa rekomendasi jenis suplemen untuk menaikan berat badan dan juga pengembangan otot adalah :
  • Serious Mass
  • Mass Gaining Combat Powder
  • Mass Freak
  • Iso Mass Xtreme Gainer
  • Carnivor Mass (cocok untuk Bulking) 

Badan yang indah dan sixpack tidak bisa kita dapatkan hanya dengan mengkonsumsi suplemen saja. Akan tetapi harus diimbangi dengan latihan fitness yang rutin. Jangsn terlanjur putus asa degan hasil yang kita peroleh. Semua yang kita usahakan pasti tidak akan sia sia. 

20 Responses to "Panduan Fitness Untuk Orang Kurus Dengan Cepat Dan Sangat Mudah"

  1. Latihan rutin sudah hampir 3 bln. Makan lumayan banyak. Dan supelmen juga konsumsi. Tapi berat badan ku tetep . 65 . dan tinggi 171 itu termasuk kurus gak. Kok gk naik2 berat badanku.

    BalasHapus
  2. Ane 174 cuma 56 gan dr dulu ini baru jalan fitmes 2 mnggu blum cek bb lg

    BalasHapus
  3. Surabaya dimana ya gann yang bisa program kek gini

    BalasHapus
  4. Saya baru 2 mingguan .. tinggi saya 180 cm berat awal 85 sekarang 75
    Mau nanya buat gemukin badan biar berisi pake susu apa ya gan atau formula apa ya gan biar cocok otot juga tumbuh

    BalasHapus
  5. Mnum aja susu gainer di situ kalori nya paling gede klo gk slah 1000 kalori.

    BalasHapus
  6. tinggi sy 163cm, berat badan 43kg, kalo sy ikut gym bisa gak berat badan sy naik ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tinggi 170cm berat 45kg. Fitnes 2bulan sudah nambah BB jadi 49kg dan otot lumayan kebentuk.

      Hapus
  7. Saya sudah latihan angkat beban selama satu tahun lebih tapi berat badab saya tidak bertambah2 masih 53kg tinggi saya 167. Bagaimana ya cara nya agar cepat menambah berat badan. Menambah otot. Terus menambah tenaga agar tidak cepat letih

    BalasHapus
  8. Saya sudah latihan angkat beban selama dua minggu tapi berat badab saya tidak bertambah2 masih 60kg tinggi saya 167. Bagaimana ya cara nya agar cepat menambah berat badan. Menambah otot. Terus menambah tenaga agar tidak cepat letih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau gue pribadi.. makan minimal 4x sehari dengan 2x porsi jumbo 2x porsi sedang dan yg paling penting sebelum tidur makan dulu. Gw baru 1 minggu gym BB gue udah naik 2kg

      Hapus
  9. Saya bertubuh kurus bawa an dari ortu sudah ikut dunia gym udh 8 bulan tapi tapi egk Gede2 gimana solusinya master tolong solusinya master .. tnks

    BalasHapus
  10. Ini malah saya blm pernah mencoba ingin sekali mencobanya,kurus sdh bawaan GAN

    BalasHapus
  11. gw udah kurus ,masih kurus aja nih gak ngapa ngapain padahal 🙄

    BalasHapus
  12. pengen gemuk tapi gak kuat makan..dan tak ada uang banyak buat fitnes

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel